Media Pembelajaran Dengan Permainan Kartu

           

MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA

Model pembelajaran dengan media kartu ini jika permainannya sudah selesai, siswa berdiskusi memecahkan soal. kemudian melanjutkan penggunaan metode permainan kartu bilangan untuk meningkatkan penggunaan metode permainan kartu bilangan untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan media pembelajaran. permainan kartu untuk media pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar.
Permainan kartu quartet sebagai model kegiatan berbicara dalam bahasa inggris. penerapan media permainan kartu arisan untuk kata kunci pembelajaran permainan kartu arisan pendidikan kewarganegaraan. Kartu pintar permainan terhadap teman sekelas yang lemah dalam bidang akademik pengembangan kartu.
Domino sebagai media pembelajaran yang salah satu media dapat menarik siswa untuk belajar. media kartu permainan (kartu domino) hal ini didukung oleh penelitian yang telah dilakukan dengan bermain kartu. dan kata metode lain mengajarkan guru sukses untuk metode bermain kartu ini, yang digunakan sebagai penguatan penguasaan siswa atas keterampilan membaca yang dimiliki bagaimana penggunaan metode permainan. 
Kartu pembelajaran terpadu adalah portal garuda yang meningkatkan pembelajaran matematika tentang pecahan. dan kata kunci metode permainan kartu pembelajaran permainan sejarah dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa.
    


Media kartu didalam pengajaran merupakan suatu media yang memuat  intruksi-intruksi  yang berupa gambar dan bacaan yang digunakan untuk mempelajari dan melatih mereka dengan menggunakan kartu.
Media kaertu yang digunakan untuk meningkatkan daya pikir mereka dan meningkatkan prestasi belajar. sebab permainan dapat membuat suasana lingkungan belajar menjadi senang, bahagia santai namun tetap memiliki suasaana yang kondusif.
Melalui permainan juga siswa dilatih untuk bekerja sendiri , tabah , percaya diri dan tidak mudah putus asa dan pantang menyerah. Salah satu dasar proses-proes mental menuju kepada intelektual adalah melalui permainan sebab anaka-anak tidak akan terasa menghadapi kesukaran apabila dijaring dalam bentuk pemainan. Karena permaiinan memiliki beberapa kelebihan diantaranya, Permainan dirancang untuk bisa dijadikan konsep-konsep yang abstrak menjadi konkret, dapat di mengerti dan menyenangkan, membantu ingatan anak terhadap pelajaran yang diberikan, permainan merupakan suatu seelingan pemberian media atau alat peraga yang ssecara rutin berlangsung ddikelas dari hari ke hari. Permainan kartu ini sdibuat sesuai kemampuan dan kondisi anak tertentu sehingga mempermudah untuk memahami pelajaran. Kartu ini diharapkan memberi motivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan prestassi belajar anak.

Adapun tujuan penulis yang diharapkan adalah dengan media pembelajaran permainan kartu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Manfaatnya untuk meberikan kebenaran, tindakan yang telah diajukan dalam pengembangan ilmu pengetauan pada umumnya.
Mencari solusi untuk menangani masalah anak.

Pemanfaatan Media Kartu Bergambar merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini disekolah. Karena di lembaga tersebut pembelajaran yang dilakukan guru secara konvensional membuat siswa pasif dan hasil belajarnya rendah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu memanfaatkan media kartu bergambar.
Kelebihan media gambar:
1)      meningkatkan rasa ingin tahu anak
2)      kartu na mudah didapat
3)      Mudah digunakan dapat menarik minat siswa
4)      Dapat memperjelas suatu masalah
5)      Dapat membuat siswa tidak boring dalam proses pembelajaran tersebut
6)      Dapat membantu mengatasi keterbatasan pengamatan
7)      Dapat mengatasi keterbatasan ruang

Beberapa kelemahan media kartu tersebut adalah :
1.      lebih menekankan persepsi indera mata
2.      Gambar benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
3.      Ukurannya sangat terbatas kelompok besar dan sangat membutuhkan kerjasama siswa.
 
 langkah-langkah dalam membuat media tersebut ialah :
  • Pembuatan kartu bisa dibuat oleh siswa ataupun guru.
  • Dalam pembuatan nya, guru menyiapkan kertas yang kosong kemudian gambarnya dibuat semenarik.
  • Setelah itu, dibalik kartu yang sudah diberi gambar ditulis dengan kata sesuai materi yang diperintahkan guru.
adapun langkah-langkah penerapan media yang saya gunakan diatas adalah :
  • Terlebih dahulu siswa diatur pola duduknya sehingga menarik untuk dilihat, lalu bentuk juga beberapa kelompok didalamnya.
  • Lalu Siswa yang sudah dibentuk kelompoknya tadi diberi tantangan untuk menjawab soal dari guru.
  • Setelah selesai membaca soal siswa diberi waktu untu menjawab nya
  • Siswa disuruh memilih 1 dari 5 kartu yang ada pada kelompok lain karena salah satu diantara kartu tersebut jawaban nya benar.
  • Kemudian bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan akan mendapatkan poin dari sang guru.
  • Terakhir, Setelah permainan games ini selesai, guru lalu mengambil alih perannya, yaitu ia menjelaskan materi yang telah dipelajari melalui games tersebut secara keseluruhan dan memberikan kesimpulan tentang materi yang dipelajari. Hal ini bertujuan agar guru tersebut tidak berkurang peranannya didalam proses belajar-mengajar. Dengan demikian akan terciptanya proses pembelajaran yang diinginkan.
 gambar berhitung untuk media pembelajaran kartu matematika.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakteristik Evaluasi Pembelajaran

Macam-Macam Evaluasi Pembelajaran